oleh

Kapolres Pelabuhan Belawan Gelar Razia Masker

 

Belawan|metroinvestigasi.id – Bertempat di Jalan Pelabuhan Raya di depan PT. Pelindo I Belawan telah dilaksanakan kegiatan Operasi Yustisi razia penggunaan masker dalam rangka memutuskan rantai virus COVID-19 oleh Polres Pelabuhan Belawan bersama Sat. PP Kota Medan. Selasa (9/2/2021) sekira pukul 09.00 Wib hingga 10.20 Wib.

Sebelum pelaks kegiatan, dilakukan apel kesiapan di Mapolres Pelabuhan Belawan yang dipimpin oleh Waka Polres Pelabuhan Belawan, Kompol Herwansyah Putra, SH, M.Si yang menyampaikan arahan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya kita untuk mencegah penyebaran virus Corona, yang mana sampai saat ini jumlah penderita semakin bertambah.

Masih menurut Waka Polres Pelabuhan Belawan, tujuan dari operasi ini dilaksanakan, adalah untuk mendisiplinkan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan, terutama dalam pemakaian masker. “Kita jangan pernah bosan/menyerah dalam hal penegakan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Mari kita laksanakan kegiatan kita ini dengan humanis,”ujar Waka Polres.

Adapun giat ops tersebut dilaksakan berdasarkan Pergub No. 77 tahun 2020 dan Perwal No. 27 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin Masyarakat dan Penegakan Hukum protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 di Provinsi Sumatera Utara

Sementara itu tujuan dilakukannya Operasi Yustisi razia penggunaan masker, agar masyarakat dapat disiplin dan mengikuti Protokol Kesehatan (prokes) serta sadar akan bahaya COVID-19 dan terhindar dari COVID-19 sekaligus mencegah penyebaran dan memutus mata rantai COVID-19 di tengah masyarakat.

Kegiatan Ops Yustisi tersebut dihadiri, Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra, SH, M.Si, Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan Kompol Mustafa, Nst, SH, Kompol Dj. Naibaho, Kasat Sabhara AKP Harris Sihite, Camat Medan Belawan, Danton Sat PP Kota Medan Wahid Syahputra, Anggota Polres dan Polsek yang tersprint sebanyak 40 personil, personil Koramil Belawan, Satpol PP Kota Medan 9 personil.

Pelaksanaan kegiatan melakukan razia kepada masyarakat pengendara kenderaan bermotor, penumpang angkutan dan masyarakat pejalan kaki yang tidak menggunakan masker sekaligus memberikan himbauan pemerintah guna mencegah juga memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Dari hasil dalam pelaksanaan Ops Yustisi terjaring masyarakat yang tidak menggunakan masker sebanyak 39 orang, selanjutnya dilakukan pencatatan nama dan diberikan sangsi hukuman berupa tindakan fisik berupa push up dan menyanyikan lagu kebangsaan serta mengucapkan Pancasila, selanjutnya masyarakat tersebut diberikan masker.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembagian maaker kepada masyarakat sebanyak 800 pcs. Pelaksanaan Razia selesai pada pukul 10.20 Wib dengan situasi berjalan aman dan kondusif. Diingatkan juga, apabila kedepannya bagi pelanggar yang sudah tercatat namanya dan masih ditemukan tidak menggunakan masker pada saat pelaksanaan Ops Razia, akan dikenakan sangsi denda administrasi sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah).             ( anisa )

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed