Danyonmarhanlan l Belawan Tabur Bibit Kerang di Pantai Mako Yonmarhanlan l Belawan

 

Belawan | metroinvestigasi.id – Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) l Belawan, Mayor Marinir Indra Fauzi Umar didampingi Pjs. Pasi Intel Yonmarhanlan I Kapten Marinir Asad beserta prajurit menaburkan bibit kerang dara di pesisir perairan Belawan tepatnya di pantai didepan Mako Yonmarhanlan l Belawan, Jln. Serma Hanafiah, No. 1 Belawan, Kamis (17/03/2022).

Dalam penaburan bibit kerang dara tersebut, turut hadir Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petambak Kerang Maritim Indonesia (Aspek Marindo) Sumut, Dian Wahyudi, Sekjen DPD Aspek Marindo Sumut, Riadi dan Bidang Lingkungan Hidup, Rouses de Fretes turut serta menaburkan bibit kerang di lokasi yang sudah dipersiapkan tersebut.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan penaburan bibit kerang dara di lokasi pantai Mako Yonmarhanlan l Belawan untuk mendukung program pemerintah dengan ketahanan Pangan, hal ini selaras dengan instruksi Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap satuan TNI AL memanfaatkan setiap Sumber Daya Alam (SDA) untuk mensukseskan program pemerintah dengan mendukung ketahanan pangan.

” Hari ini saya bersama Aspek Marindo bersama-sama menaburkan bibit kerang dara untuk ketahanan pangan Yonmarhanlan l Belawan,” kata Mayor Marinir Indra Fauzi Umar.

Lebih lanjut disampaikan, agar lahan yang selama ini tidak terpakai dapat berfungsi untuk ketahanan pangan prajurit Yonmarhanlan l Belawan.

” Kita manfaatkan lahan yang ada agar membantu prajurit kita untuk belajar berbudidaya kerang dara untuk memanfaatkan lahan yang ada sehingga ada nilai ekonominya dan hasilnya dapat dinikmati oleh prajurit, terlebih di saat covid-19,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Aspek Marindo Sumut, Dian Wahyudi saat di wawancarai wartawan mengatakan, Kita dari Asosiasi Petambak Kerang Maritim Indonesia bergandengan tangan bersama Yonmarhanlan l Belawan memberikan penyuluhan dan pembelajaran bagaimana cara berbudidaya kerang dara yang benar.

” Aspek Marindo bekerjasama dengan Yonmarhanlan l Belawan membudidayakan kerang dara agar nantinya dapat bermanfaat bagi para prajurit Yonmarhanlan l Belawan,” ucap Dian Wahyudi.

” Aspek Marindo hadir untuk mengajak masyarakat pesisir agar memanfaatkan lahan tidur untuk berbudi daya kerang dara sebagai tambahan penghasilan. Selain itu juga untuk menjaga Lingkungan agar memperkecil tingkat pencemarannya. Aspek Marindo juga menjamin pemasaran atas hasil panen kerang dara tersebut,” jelas Dian.

Senada dikatakan Sekjen Aspek Marindo Sumut, Riadi, Dirinya sangat senang dapat menggandeng Yonmarhanlan l Belawan membudidayakan kerang dara yang menjadi komoditi unggulan di Kota Medan tersebut.

” Semoga dengan kerjasama dengan Yonmarhanlan l Belawan, Budidaya kerang dara dapat terus berkesinambungan dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di pesisir perairan Belawan lainnya,”. tutupnya.( anisa )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *