Sergai Akan Jadi Lokasi Rencana Pembangunan Polmed

Serdang Bedagai | metroinvestigasi.id – Sergai Akan Jadi Lokasi Rencana Pembangunan Polmed.Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima audiensi jajaran Politeknik Negeri Medan (Polmed), yang dilangsungkan di Ruang Rapat Wakil Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (30/9/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika pihaknya mendukung penuh segala program yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan, termasuk keinginan Polmed untuk membangun salah satu gedung kampusnya di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat. Rencananya, fasilitas pendidikan tersebut akan dibangun di salah satu lahan PT. Perkebunan Nasional (PTPN) III yang terletak di dekat area Masjid Agung, Sei Rampah.

“ Semangat kita untuk memajukan pendidikan harus tetap dijaga, tidak boleh menyerah. Dalam hal ini saya setuju dan dan mendukung penuh program ini,” ucapnya.

Namun ada beberapa catatan dan saran yang disampaikan oleh Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, terkait pemilihan lokasi lahan pembangunan. Ia menyebut, perbandingan harga lahan harus jadi pertimbangan, sehingga perlu diadakan diskusi lanjutan apakah lokasi gedung kampus akan tetap didirikan di lahan PTPN atau ada opsi alternatif.

“ Jadi nantinya kita bisa kembali berdiskusi. Tetapi kalau pihak Polmed ingin lahan seperti paparan yang sebelumnya disampaikan, ya kita akan berusaha akomodasi. Salah satu alternatif yang bisa dijadikan pilihan ada di lahan PTPN Desa Bengkel, yang lokasinya strategis, salah satunya karena dekat dengan akses jalan tol,” ucapnya, sambil menambahkan jika dirinya juga memiliki lahan di Dolok Masihul yang bisa jadi alternatif lokasi pembangunan jika dibutuhkan.

Sebelumnya, Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama, Ing. Heru Pranoto, S.T., Polmed Ing. Heru Pranoto, S.T., menyebut salah satu faktor penting dalam rencana ini adalah bangunan yang terintegrasi satu sama lain. Pihaknya menyebut, pemilihan tempat tidak harus di pinggir jalan lintas, namun jika diberikan lahan yang lokasinya jauh dari area jalan provinsi, dirinya berharap ada akses jalan yang cukup luas dan baik.

“ Rencananya, kawasan kampus di desain dengan konsep multi massa, di mana semua bangunan didesain selain memiliki gedung kuliah, juga ada sport center dan workshop serta nantinya beberapa gedung dapat juga digunakan oleh masyarakat,” terangnya.

Masih lanjut Heru, kampus Polmed ini direncanakan menjadi green campus di mana nanti ada fasilitas “ladang energi”. Untuk itu dia menyebut, akan dibangun solar cell di mana daya listrik yang dibutuhkan untuk kampus berasal dari solar cell tersebut. Bahkan, ia menyebut jika fasilitas solar cell ini bisa dibuat dengan daya yang lebih besar, bukan tidak mungkin dapat memberikan pasokan energi listrik ke kantor Bupati.

“ Kedepan kita mungkin akan membentuk tim khusus untuk mengonsep perihal rencananya ini, utamanya lokasi lahan yang akan diperuntukkan bagi pembangunan kampus,” cetusnya.

Dikesempatan yang sama, Kadis Pendidikan Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM, mengatakan saat ini antusiasme masyarakat Sergai untuk menimba ilmu hingga ke jenjang sarjana sudah sangat tinggi.

“ Akan tetapi tingkat perekonomi acap jadi penghalang. Tapi jika rencana pembangunan ini berjalan dengan baik, muncul optimisme bagi generasi muda Sergai untuk bisa menikmati pendidikan tinggi. Harapannya, jika pembangunan ini terealisasi, 20% putra-putri Sergai kiranya dapat diberikan akses pendidikan gratis di Polmed,” kata suwanto.

Hadir pula dalam audiensi ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Direktur Polmed Abdul Rahman, SE, Ak, M.Si, Wakil direktur I Bidang Akademik Dr. Roslina, M.I.T., Wakil Direktur II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan M. Rikwan, E, S, Manik, S.E, M.E, dan Wakil direktur III Bidang Kemahasiswaan Delisma Siregar, S.T, M.T.( maren )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *