oleh

Pelantikan Pengurus YKI Kabupaten Dairi. Ketua YKI Kabupaten Dairi : Perlunya Kampanye Deteksi Dini Penyakit Kanker

example banner

 

Dairi | metroinvestigasi.id – Yayasan Kanker adalah suatu organisasi sosial yang memiliki kegiatan untuk pelayanan kepada masyarakat dengan tanpa pamrih.YKI Kabupaten Dairi memiliki tugas untuk mengkampanyekan deteksi dini penyakit kanker kepada masyarakat Kabupaten Dairi.

example banner

Hal tersebut disampaikan Ny.Romy Mariani Eddy Berutu usai dirinya dilantik sebagai Ketua YKI Kabupaten Dairi periode 2021 – 2025 oleh
Ketua Yayasan Kanker Indonesia ( YKI ) cabang Sumatera Utara , Nawal Lubis, Edy Rahmayadi ,Jumat ( 25/06/2021) secara virtual.

” Deteksi dini itu diperlukan dan wajib dilakukan , suka ataupun tidak suka dan terkadang ada kekhawatiran dalam diri kita. Kampanye yang akan kita lakukan dalam bentuk media seperti media sosial, ” ujar N.Romy Mariani.

Adapun yang menjadi pengurus dalam YKI cabang Kabupaten Dairi periode 2021 -:2025 , sebagai Sekretaris Elfinka Hutapea dan Bendahara Meri Debora Saragih.

Nawal Lubis dalam sambutannya usai melantik pengurus YKI cabang Sumatera Utara mengatakan pengurus YKI mempunyai tanggung jawab untuk memfasilitasi masyarakat Sumatera Utara agar terhindar dari Kanker melalui 5vbidang yang ada dalam YKI.

” Kami berharap pengurus YKI Kabupaten / Kota akan selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh YKI Sumatera Utara diantaranya kegiatan sosialisasi,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Dairi, Dr Eddy Kelleng Ate Berutu yang juga sebagai pelindung YKI dalam sambutannya mengatakan jumlah kasus kanker terus meningkat khususnya di negara berkembang yang menandakan penanganan kanker khususnya di Indonesia belum maksimal. Untuk mengatasinya , Ia menyampaikan diperlukan program yang strategis dan komitmen dari seluruh pihak terkait.

” Kasus terbanyak diantaranya kanker payudara dan kanker serviks. Dengan dilantiknya pengurus ini, peran dari Bapak / Ibu sangat diperlukan untuk mengatasi masalah kanker, “ujar Bupati Dairi.

Lebih lanjut Eddy Berutu mengatakan bahwa selain masalah deteksi dini, penanganan pasien yang terlambat ke fasilitas kesehatan masih menjadi faktor lainnya. Oleh karena itu mari kita dorong deteksi dini dan Kampanyekan promosi kesehatan lebih maksimal.

” Puskesmas salah satunya sebagai fasilitas kesehatan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk promosi kesehatan “, ujarnya.

Bupati Dairi, Dr.Eddy Kelleng Ate Berutu mengharapkan setelah pelantikan pengurusan YKI Kabupaten Dairi untuk segera gerak cepat membuat program yang real sehingga dapat dengan segera dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Yayasan Kanker Indonesia ( YKI ) memiliki 5 bidang yaitu bidang organisasi, bidang sosial, bidang pendidikan dan penyuluhan, bidang penelitian dan regritasi dan bidang umum.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut adalah Kadis Kesehatan Kabupaten Dairi, dr Ruspal Simarmata serta Ketua IBI Kabupaten Dairi, Setia Ginting. ( NK)

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed