Pelantikan Dan Pembekalan Pengawasan Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Tinada Dalam Rangka Pemilihan Serentak Tahun 2024

 

Pakpak Bharat | metroinvestigasi.id-Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah dan janji serta bimbingan teknis PKD se-Kecamatan Tinada bertempat di Sekretaiat Panwascam Tinada, Sabtu (01/06/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pakpak Bharat melalui Panwaslu Kecamatan turut dihadiri Forkopimcam Kecamatan Tinada, perwakilan Komisioner Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Irwan Solin, serta calon PKD yang akan dilantik.

Dalam sambutannya, Camat Tinada memberikan ucapan selamat kepada anggota PKD yang telah dilantik. Selain itu dirinya juga mengatakan, pihaknya siap untuk turut berpartisipasi serta mengawal pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 guna terwujudnya pemilu yang bermartabat sesuai dengan asas pemilu yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kami siap berpartisipasi dan mengawal pelaksanaan Pemilukada 2024 agar lancar di setiap tahapan-tahapannya dan menjadi pemilu yang Bermartabat, dan selamat kepada PKD yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat yang diwakili Irwan Solin menjelaskan, PKD sendiri merupakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa di mana PKD sendiri merupakan bagian dari badan Ad hoc Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bertugas untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa.

PKD Pemilu 2024 sendiri tugas dan wewenang serta kewajibannya telah diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain itu, merujuk pada peraturan tersebut, jumlah anggota PKD di masing-masing desa berjumlah satu orang, sehingga jumlah PKD se-Kecamatan Tinada berjumlah 06 orang dari 06 desa.

PKD ini merupakan Panwaslu di tingkat Kelurahan / Desa di mana untuk anggotanya satu orang dari tiap desa. Karena di Kecamatan Tinada ini ada 06 desa, maka jumlah seluruhnya ada 06 orang, jelasnya.

Beliau juga berharap, para anggota PKD yang telah dilantik ini dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai Perundang-Undangan sehingga marwah Pemilu dapat selalu terjaga dan terhindar dari hal-hal yang dapat mencederainya.

Semoga semua anggota PKD yang hari ini dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan ikuti Bimtek oleh Panwaslu Kecamatan dengan sungguh-sungguh, pungkasnya.(M.Solin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *