oleh

Kepala Sekolah SMPN Satu Atap Halaban Gelapkan Dana BOS Perawatan Sekolah

example banner

 

Langkat |  metroinvestigasi.id – 
Oknum BS,SPd Kepala Sekolah SMPN Satu Atap Desa Halaban Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Sumatera Utara diduga gelapkan Dana BOS, untuk perawatan sekolah. Pantauan metro investigasi Kamis, 15 juli 2021 plavon sekolah hampir keliling rusak parah.

example banner

Padahal ada dana BOS yang dapat di gunakan 20 persen untuk perawatan sekolah. Sesuai Permendikbud nomor 6 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Penggunaan Dana BOS Reguler.Namun oknum BS tidak peduli dengan kondisi plafon yang audah rusak.

Menurut keterangan wali murid yang tiadk mau disebut namanya, diduga oknum BS demi mencari keuntungan pribadinya dianya tidak perduli dengan keadaan sekolahnya, terutama plavon sekolah hampir kelilingnya rusak parah.Itu akibat kepsek sering bolos sehingga tak terkontrol lagi di lingkungan sekolahnya. Apa lagi merehab plavon tersebut, kata warga setempat.

Sementara beberapa LSM dan Pers tidak dapat untuk konfirmasi karena oknum BS jarang ada di tempat.Menurut Adri dari LSM Pemantau Pembangunan Kabupaten Langkat memaparkan, ” kesannya oknum BS tidak peduli dengan sekolah tempat dia bertugas. Seharusnya oknum BS wajib hadir setiap hari meskipun masa pandemi Covid-19, papar Adri.

Terkait hal tersebut Oknum BS sudah melanggar Permendikbud nomor 6 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis ( Juknis) BOS Reguler.

Tokoh masyarakat setempat, Misnan dan dua rekannya juga mengatakan, dalam Juknis BOS Reguler Pasal 2 Huruf H bahwa penggunaan dana BOS harus tranparansi dan terbuka, namun oknum BS Kasek tersebut tidak melakukan hal tersebut. ” Soal Sarana dan prasarana sekolah dana BOS dapat digunakan untuk merehab gedung sekolah yang rusak,” papar mereka.

Kepala Sekolah ketika hendak di konfirmasi sedang tidak ada ditempat. Menurut Oknum Staf Pak Kasek, ” lagi ada tugas keluar,” papar oknum Staf.

Pantauan metro investigasi, kelihatan dalam gambar Plavon SMP Satu Atap Halaban Kecamatan Besitang rusak parah tidak terawat. Diduga uang perawatan sekolah dari dana bos digelapkan untuk memperkaya diri sang kepsek. ( MAYA)

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed