oleh

Ikan Mati di DAS Danau Napangga,Ini Kata Wakil Ketua DPC – HNSI Rohil

example banner

 

Rokan Hilir | metroinvestigasi.id – 
Terkait adanya pemberitaan  salah satu media online info rohil.Com  yang membertakan  tentang banyak ikan  mati di sungai Danau Napangga  Kecamatan  Tanjung Medan  Kab.Rohil  (2/10) , pihak Dinas Lingkungan Hidup ( DLH)  Kabupaten Rokan Hilir  Riau telah menanggapi dan melakukan peninjauan  lokasi yang diberitakan  media tersebut rabu 3/10/2021.

example banner

Peninjauan ini  langsung dipimpin  kabid  Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DLH Rohil  Syahrul SKM didampingi Kasi Perencanaan Kajian Lingkungan  Junaidi , S.Hut , Kasi Gakkum Carlos ST , Kasi Pengaduan dan Penyelesaian  Sengketa Lingkungan  Oktar Priadi SKM dan staf bidang  PPKLH.

Kemudian pihak DLH Rohil  juga meliabatkan  pihak keorganisasian Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) diwakili wakil Ketua Dewan Pimpinan  Cabang  (DPC)  HNSI Rokan Hilir bidang DAS  Aminuddin Simatupang  didampingi Ketua Ranting HNSI Kecamatan Tanjung Medan  Khairuddin. Camat Tanjung Medan  Masrul SH didampingi Sekcam Kec. Tanjung Medan Bahrul S.Sos serta pihak kepolisian  Resor  Rokan Hilir dan Pihak Polsek Pujud.

Peninjauan ini untuk membuktikan ikan yang mati disepanjang sungai Danau Napangga  sebagaimana yang diberitakan media online tersebut dengan mempergunakan  perahu motor milik nelayan setempat.  Peninjauan ini  bersifat penulusuran  DAS danau Napangga.

Hal ini dikatakan  oleh Wakil Ketua DPC – HNSI  Rohil bidang Daerah Aliran Sungai (DAS) Aminuddin Simatupang kepada awak media …..(4/10)  lewat what Appnya.

Lebih jelas Aminuddin Simatupang  menyebutkan ,  peninjauan ini bersifat team yang juga di hadiri pihak perwakilan  Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil).

” Dari hasil  peninjauan dan penelusuran ini  dengan mepergunakan  kapal motor perahu milik nelayan setempat   dimana team benar menemukan  masih banyak ikan yang mengapung dan membusuk  disepanjang  aliran sungai danau napangga . ” cukup banyak ikan mengapung yang sudah mati dan membusuk kita temukan  saat penulusuran Daerah Aliran Sungai  (DAS)  ini yang diduga akibat  tercemari  maupun terkontaminasi  akibat limbah  dari Pabrik Kelapa Sawit  PKS)  atau limbah yang mengandung bahan kimia aktif, Sebut Aminuddin simatupang.

Ketika dipertanyakan kapan pihak DPC – HNSI  Rohil mengetahui  adanya banyak   ikan mati di sungai danau napangga ini , Aminuddin .s menjelaskan, kita membaca  media Info Rohil dan Fb yang viral ditambah adanya laporan ketua Ranting  HNSI Kec.Tanjung Medan saudara Khairuddin.

Aminuddin simatupang menambahkan, dalam hal ini pihak DLH Rohil telah mengambil sample air  di sekitar sungai ini dan hulu sungai  ternasuk daerah  yang diduga Pabrik Kelapa Sawit (PKS)  membuang limbahnya ke aliran sungai  ini . Kemudian pihak Polres Rohil yang turut dalam team investigasi ini juga melakukan  pengutipan informasi  dari masyarakat yang melihat ikan mabuk ini untuk sebagai acuan  penelusuran permasalahan.

Aminuddin simatupang berharap  kepada pihak DLH maupun dinas peeikanan Rokan Hilir  serta pihak kepolisian  dapat mengungkap dan mengangkat permasalahan ini  sesuai tufoksinya . Kita yakin dan percaya  matinya ikan di sungai danau napangga ini , kuat dugaan  akibat limbah dan bahan kimia  beracun diatas baku mutu air , sehingga  para ikan mati dan membusuk.

Aminuddin simatupang berharap kepada nelayan  sungai danau napangga untuk bersabar menunggu hasil laboratorium DLH Rohil. HNSI Tetap akan telusuri dan ikuti permasalahan ini hingga  selesai . Doakan HNSI Rohil dan pihak terkait yang menangani nya cepat menemukan titik sumber nya. Saya mengharapkan
kepada pihak instansi dan institusi terkait  untuk berkomitmen  menyatukan sikap mengungkapnya. Mari kita membuka mata hati  melindungi nelayan demi kesejahteraannya. ” ungkapnya secara jelas dan tegas.

Masyarakat nelayan setempat  Zulham  saat diminta tanggapannya terkait permasalahan ini mengatakan , ” Kepada bapak Bupati Rohil  kiranya dapat bertindak  melalui dinas kepemerintahan terkait, dalam melakukan tindakan agar hal seperti ini tidak terulang kembali . ” ungkapnya.      ( bs )

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed