HUT Bhayangkara ke-78, Polres Simalungun Mengusung Tema “Menuju Indonesia Emas”

 

Simalungun | metroinvestigasi.id – Polres Simalungun mengadakan acara syukuran dalam rangka Peringatan HUT Bhayangkara ke-78. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., dan berlangsung pada hari Senin 01/07/2024 pukul 10.00 Wib, bertempat di Halaman Parkir Mako Polres Simalungun, Jalan Jhon Horailam Saragih, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun.

Acara syukuran ini mengambil tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.” Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi, S.Sos., MM., Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf. Slamet Faujan, M.Han., Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani, SH, MH., serta para perwakilan dari instansi pemerintahan dan tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, peserta yang hadir meliputi jajaran Camat, Lurah, pimpinan OPD, instansi vertikal, tokoh agama, kepala perbankan, dan para usahawan di wilayah Kabupaten Simalungun. Tidak ketinggalan, barisan personel dari Polres Simalungun, Kodim 0207/Simalungun, Denpom I/I Pematang Siantar, Brimob Kompi 2 Yon B Pematang Siantar Polda Sumut, serta Sat Pol-PP dan Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun turut memeriahkan acara.

Dalam kegiatan syukuran ini, diadakan serangkaian acara, termasuk penyerahan nasi tumpeng kepada personel termuda dan tertua, penyerahan piagam penghargaan kepada personel yang berprestasi, serta pengumuman pemenang lomba kebersihan dan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di wilayah hukum Polres Simalungun. Acara ini juga dimeriahkan dengan bazar dan UMKM masyarakat Kabupaten Simalungun yang menampilkan berbagai produk lokal.

Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh jajaran Polres Simalungun serta instansi terkait yang telah berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dengan Polri dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Acara syukuran ini berakhir sekitar pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara makan siang serta silaturahmi bersama seluruh undangan yang hadir. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa dalam acara ini, mencerminkan semangat Bhayangkara yang selalu siap melayani dan melindungi masyarakat.

Dengan tema yang diusung, diharapkan Polri dapat terus berperan aktif dalam mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas.

Acara syukuran HUT Bhayangkara ke-78 yang digelar oleh Polres Simalungun juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik lainnya. Setelah sambutan dari Kapolres Simalungun, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada personel Polres Simalungun yang berprestasi dalam berbagai bidang. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Selain itu, lomba kebersihan dan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang telah dilaksanakan di wilayah hukum Polres Simalungun juga diumumkan pemenangnya. Lomba ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan serta keamanan lingkungan mereka. Para pemenang lomba mendapatkan penghargaan yang diberikan langsung oleh Kapolres Simalungun.

Bazar dan UMKM masyarakat Kabupaten Simalungun juga menjadi daya tarik tersendiri dalam acara syukuran ini. Stand-stand bazar menampilkan berbagai produk lokal, mulai dari kerajinan tangan, makanan khas, hingga produk pertanian. Para pengunjung sangat antusias mengunjungi stand-stand ini, sehingga suasana menjadi semakin meriah.

Di penghujung acara, dilakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas perjalanan panjang Polri dalam melayani masyarakat. Tumpeng kemudian diserahkan kepada personel termuda dan tertua sebagai bentuk simbolis regenerasi dan keberlanjutan semangat Bhayangkara.

Acara makan siang bersama menjadi penutup dari rangkaian syukuran ini. Seluruh undangan menikmati hidangan yang telah disiapkan sambil bercengkerama dan menjalin silaturahmi. Suasana penuh keakraban dan kebersamaan sangat terasa, mencerminkan nilai-nilai persatuan dan gotong royong yang menjadi dasar kekuatan Polri dalam menjalankan tugasnya.

Dengan berakhirnya acara pada pukul 13.00 WIB, diharapkan semangat dan komitmen seluruh personel Polres Simalungun semakin kuat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Melalui peringatan HUT Bhayangkara ke-78 ini, Polres Simalungun menegaskan kembali tekadnya untuk terus mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas.

Syukuran HUT Bhayangkara ke-78 ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga momen penting untuk merefleksikan dan meningkatkan dedikasi Polri dalam melayani dan melindungi masyarakat. Harapannya, Polri dapat terus beradaptasi dan berkembang seiring dengan dinamika masyarakat, sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.            (H. Balog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *