oleh

Dalam Rakorpem, Bupati Sergai Tekankan 3 Aspek Penting

example banner

 

Sergai | metroinvestigasi.id – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorpem) yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (15/11/2021).

example banner

Di kesempatan ini, banyak aspek yang menjadi perhatian Bupati Sergai H. Darma Wijaya, mulai dari penanganan pandemi, bencana alam hingga peningkatan kinerja bagi personil yang baru dilantik.

“ Rakorpem ini merupakan media koordinasi dengan penyampaian beberapa informasi yang terkait perkembangan, pencapaian dan kendala-kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan. Hasil dari pelaksanaan Rakorpem ini akan dapat lebih meningkatkan koordinasi pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah daerah secara menyeluruh,” buka Bupati Darma Wijaya di hadapan para hadirin yang antara lain Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan seluruh Camat se-Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai melanjutkan, melalui upaya pengendalian secara sistematis, diharapkan kegiatan yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik sebagai bagian dari perwujudan dari pencapaian visi dan misi yang dirinya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, usung.

“ Perlu kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 masih melanda di seluruh Indonesia bahkan dunia. Semua kabupaten/kota saat ini sedang bekerja keras untuk mengurangi penularan wabah Covid-19. Pemkab Sergai melalui Satgas Covid-19 sudah melakukan serangkaian langkah strategis dalam penanganan pandemi Covid-19. Kerja keras yang dilakukan tim membuahkan hasil yang cukup signifikan,” pujinya.

Hal ini, lanjutnya, ditandai dengan perkembangan kasus Covid-19 yang semakin membaik dan sejalan dengan menurunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 3 menjadi level 1. Bupati menambahkan, kemajuan dalam percepatan penanganan pandemi juga dibuktikan dengan Kabupaten Sergai yang saat ini ada dalam posisi zonasi yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Beralih ke permasalahan bencana alam banjir, Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, menuturkan pasca hujan deras yang mengguyur beberapa waktu terakhir ini, yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Sergai.

“ Bersama ini saya minta kepada seluruh pihak agar tetap waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim dan kepada OPD terkait dan Camat agar mengambil langkah-langkah dalam penanganan banjir,” tegasnya.

Selanjutnya ia menjelaskan, pada hari Jumat tanggal 12 November 2021 lalu, dirinya telah mengukuhkan 4 orang dan melantik 11 orang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama serta 2 orang Pejabat Administrasi di lingkungan Pemkab Sergai.

“ Kepada pejabat yang telah dikukuhkan dan dilantik agar segera bertugas di tempat tugas masing-masing dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di lingkungan kerja masing-masing. Saya minta kepada saudara, agar segera mengimplementasikan seluruh rencana pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Sergai 2021-2026 dan merumuskan arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD ke dalam rencana strategis masing-masing OPD,” imbaunya.

Bang Wiwiek juga mengingatkan, dengan semakin kompleksnya tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah dituntut untuk lebih inisiatif, mampu dan jeli dalam menghadapi dan memanfaatkan berbagai tantangan dan peluang.

“ Menghadapi kondisi demikian, profesionalisme sumber daya aparatur pemerintah sudah merupakan keharusan. Hal ini dimaksudkan agar pejabat yang mengisi jabatan benar-benar mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan dapat mendukung seluruh program kerja Pemkab Sergai,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, ada 6 poin penting yang menjadi perhatian Bupati kepada para pejabat yang baru dilantik.

Pertama, sebagai seorang top manager dan seorang manajerial yang baik, Bupati meminta agar seluruhnya memberdayakan segenap unsur aparatur yang ada di bawah unit kerja saudara. Selanjutnya, sebagai penanggung jawab administrasi, harus dilaksanakan pembenahan internal dalam organisasi yang dipimpin dengan sebaik-baiknya guna mewujudkan good governance dan clean goverment. Ketiga, mampu menjadi motivator dan panutan yang baik dalam hal disiplin, loyalitas dan kinerja. Kemudian, aktif melakukan koordinasi dengan unit kerja pemerintah daerah pusat, provinsi dan swasta.

Terkhusus kepada Camat sebagai pimpinan di kecamatan, Bupati menitipkan pesan agar selalu melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan unsur Pimpinan Kecamatan, aparat desa/kelurahan, dan masyarakat dengan tetap berada dan bertempat tinggal di wilayah kerja masing-masing.

Terakhir, dalam mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang “Maju Terus,” diminta kepada saudara untuk mendukung program Sapta Dambaan yang berarti Tujuh Dambaan yaitu; Sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (Mantab); Masyarakat sehat dan religius, Pertanian berkelanjutan, Infrastruktur terintegrasi, Ekonomi berdaya saing, Wisata maju terus dan Birokrasi Dambaan.

“ Harapan kita bersama mudah-mudahan kita selaku jajaran Pemkab Sergai dapat bersinergi satu sama lain dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintah sesuai bidang tugas, fungsi dan kewenangannya masing-masing, dengan komunikasi dan koordinasi yang baik serta semangat kerja yang tinggi mudah-mudahan kita dapat mencapai hasil kerja yang memuaskan,” tandasnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan Fakta Integritas dan penandatangan Komitmen Kinerja serta penandatanganan serah terima jabatan.  ( maren )

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed