Pemkab Dairi Gelar Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD Bagi Puskesmas

 

Dairi | metroinvestigasi.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi gelar pertemuan percepatan penerapan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas yang ada di Kabupaten Dairi yang dihadiri oleh Tim dari Kementerian Kesehatan yang membahas terkait dengan fasilitasi monitoring evaluasi (Monev) serta tata kelola BLUD Puskesmas tersebut, Kamis (4/7/2024) di Aula Rosin Palm Resto Sidikalang.

Pj. Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin menyampaikan kepada seluruh pihak yang terkait, khususnya Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk benar-benar melakukan kegiatan tersebut sebaik mungkin, guna mendapatkan mutu pelayanan di BLUD Puskesmas.

“Kita semua harus serius. Dinas Kesehatan lakukan monev ke Puskesmas. Kita harus pastikan bahwa kegiatan membuahkan hasil,” ujarnya

Lebih lanjut Charles Bantjin mengatakan bahwa pertemuan tersebut juga bermaksud untuk Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar (Primary Health Care) yang Merupakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai ujung tombak mewujudkan Kecamatan Sehat, dengan tujuan memperbaiki tata kelola di BLUD Puskesmas dalam rangka mewujudkan Pelayanan Kesehatan yang bermutu, secara bertahap dan berkesinambungan.

Charles Bantjin selanjutnya menyampaikan Puskesmas yang sudah menerapkan pengelolaan keuangan BLUD untuk dapat terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Puskesmas dengan status BLUD seperti tertuang dalam Permendagri Nomor 61 Tahun 2017 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah, layanan kesehatan diberikan keleluasaan dalam konteks mengelola baik dari sisi sumber daya manusia hingga penganggaran melalui konsep PPK-BLUD Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, transparansi, dan akuntabilitas dalam rangka pelayanan publik.

“Sesuai 3 pilar yang diharapkan dari PPK-BLUD ini yaitu mempromosikan peningkatan kinerja pelayanan publik, fleksibilitas pengelolaan keuangan dan tata kelola yang baik, sehingga target yang diinginkan seluruh Puskesmas dapat menjadi Puskesmas BLUD,” ujar Charles Bantjin.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Pj Sekda Dairi, Jonny Hutasoit, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Henry Manik. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *